chrome://chrome-urls/


Baru-baru ini saya menemukan kalau kita bisa melihat keseluruhan proses chrome. Selain proses, kita juga bisa menyetting banyak hal yang tidak bisa di setting di menu setting biasa.

Ketikakan url atau klik chrome://chrome-urls/, di browser anda, di sana akan banyak link-link lain yang bisa melihat banyak proses internal chrome. Seperti chrome://cache/ yang akan menampilkan seluruh file yang di-cache di browser anda. Anda juga bisa melihat status GPU anda (termasuk WebGL) di chrome://gpu-internals/. DI chrome://flags/, anda bisa melihat banyak pilihan untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan aplikasi eksperimen di chrome, seperti auto-login, new downloads UI, panels, dan banyak lainnya. Perlu diperhatikan, karena masih eksperimen, mereka mungkin “menggigit”. Kita bahkan bisa melihat profiler dari browser chrome, chrome://profiler/.

Chrome FTW!!

Tebak-tebak Bahasa Pemrograman


Baru nemu situs yang menarik, sesuai dengan judul post saya, yaitu menebak bahasa pemrograman dengan diberikan potongan kode program.

Ini link situsnya: http://wtpl.heroku.com/

Kalau anda bisa menebak bahasa dengan benar, maka situs akan langsung meberikan soal selanjutnya. Anda bisa melihat skor anda di bagian kiri atas, dan jika anda ingin tidak tahu bahasa pemrograman yang dimaksud, anda bisa menekan tombol forfeit atau menekan escape di keyboard untuk mengetahui jawabannya.

Pada awal mencoba, saya, timmy, dan ecky mendapatkan nilai 33%, dan kali kedua tentu saja mendapatkan score 100%. Bukan karena jago, tapi karena make script berikut:

langs = ['ACL2', 'ActionScript', 'Ada', 'ALGOL 68', 'APL', 'Assembly', 'AutoHotKey', 'AWK', 'Bash', 'BASIC', 'Batch file', 'Befunge', 'Brainfuck', 'C', 'C#', 'C++', 'Chef', 'Clojure', 'COBOL', 'CoffeeScript', 'Common Lisp', 'D', 'Dart', 'Delphi', 'Erlang', 'F#', 'Factor', 'Falcon', 'FALSE', 'Forth', 'Fortran', 'Go', 'Golfscript', 'Groovy', 'Haskell', 'haXe', 'Icon', 'Inform 7', 'Intercal', 'Io', 'J', 'Java', 'JavaScript', 'K', 'LaTeX', 'Logo', 'Lua', 'make', 'Mathematica', 'MATLAB', 'Modula-2', 'Nemerle', 'Objective-C', 'OCaml', 'Pascal', 'Perl', 'PHP', 'Piet', 'Pike', 'PowerShell', 'Prolog', 'Python', 'Racket', 'Ruby', 'Scala', 'Scheme', 'Seed7', 'Smalltalk', 'SNUSP', 'Standard ML', 'Tcl', 'TI-BASIC', 'Visual Basic', 'Whenever', 'XPath 2.0'];
for (i=0; i<langs.length; i++) {
  $("#guess").val(langs[i]);
  $("#guess").keyup();
}

Freak? Hanya ingin memuaskan rasa ingin tahu. Haha.

Application Compability


Pernah buka web pake chrome hasilnya keren tapi pake firefox webnya berantakan? Atau pake IE? Atau dapat pesan “maaf, anda menggunakan IE jadi tidak bisa membuka situs ini”?

Tidak gampang lho ngebuat aplikasi yang bisa berjalan di berbagai platform, yang berbeda spesifikasi, baik dari segi processor, ram, vga, ukuran layar, dan lain sebagainya. Web juga begitu, tapi jauh lebih gampang dibandingkan mobile application. Coba lihat artikel ini: Developing for Android Looks Like.

Haha. Luar biasa lah start up yang aplikasinya bisa jalan di banyak device.

Now that’s a mobile phone, bentuk fisiknya macam2, tapi mungkin dalemnya masih sama. Sekarang coba naik ke atas sedikit, PC. Bentuknya sama sih, kotak, ada tombol power, ada tempat colok USB dan ada tempat masukin CD. Tapi dalamnya beda-beda, mulai dari processor, ram, vga, harddisk, dvd, cd, dan berbagai macam benda lainnya. But, semua aplikasi diatas Windows bisa berjalan dengan benar tanpa perbedaan selain secara speed dsb.

I underestimate them. :))

This comment from above link felt so great:

This is why I tell people we (Microsoft) don’t get enough credit for our compatibility work with Windows. Can you imagine what it would be like developing software for the PC if your OS maker couldn’t guarantee you a set of APIs and behaviors that you could write to once and know would work everywhere? There are literally millions of unique configs out there you’d have to decide how to test against. There are corner case problems even with Windows of course, but for the most part this post is exactly why Windows is such a massive project. The work is to avoid exactly this.

This also makes Linux is a great product as well. But apple is not. With their own limited set of hardwares apple can perform outstanding. But Windows & *nix are doing really hardest work in OS.

That’s why Apple is a great product, because they focus on performance, not compability.

Codeforces Round #104 (Div. 2)


Well. Pada saat mulai kontes, masih rada-rada lambat. Tapi saat udah berhasil mengumpulkan soal A, mulai jadi stabil. Saya berhasil mengerjakan hingga soal D. Saat berhasil mengumpulkan soal D, masih ada sisa waktu 18 menit. Sebelumnya saya sempat membaca sekilas soal E, dan terlihat susah untuk dikerjakan. Oleh karena itu saya tidak mencoba mengerjakan soal E tapi langsung me-lock submission saya, dan mencoba melakukan challenge ke submission peserta lain.

Saat mencoba men-challenge ke submission soal A salah satu peserta yang saya yakin kalau ada kasus yang bocor, testcase yang saya berikan ternyata tidak diterima oleh system karena tidak sesuai dengan syarat. Setelah membaca soal lagi, ternyata N harus genap. Untung saja submission saya masih bisa lolos. Kemudian saat mencoba pindah ke soal D, saya melihat kode orang yang memiliki syarat yang belum saya cover. Benar saja, saat saya test kode saya, memang salah. Ya sudahlah, udah ke-lock.

Trus saya pindah ke submission lain di soal D. Nah, ini nih, yakin kalau submissionnya salah. Maka saya tekan tombol hack, saya masukkan testcasenya, dan memegang mouse, dan waktu habis. Please, 3 detik aja, untuk ngeclick submit -_____-

Systest pun selesai, soal A, B, C passed. D gagal, sesuai dugaan. Total nilai 2564 = 458 (00:21),  864 (00:34), 1242 (00:43). Setelah dilihat lagi A makan sekitar 20 menit, B ~ 10 menit, C ~10 menit. Wew, cepat juga. -_-a Yang D aaaaaa salahnya. 😦 Rating lama 1475, dan rating baru 1514, naik 39, Alhamdulillah.

Custom Tag di Facebook Comment / Status


EDITED: IT IS NOT WORKING ANYMORE.

Custom Tag “I am” yang linked ke profile FB saya

Pengen bisa nge-tag, tapi tulisan warna birunya beda? Bukan berupa potongan nama, tapi bisa hampir apapun!

Caranya gampang, bentuk dasarnya itu seperti ini: @@[0:[FBID:0:COMMENT]]

Biar lebih mudah dimengerti, coba copas @@[0:[181418015222755:0:acara keren]], dan pos sebagai komentar atau status di facebook kalian. Coba dulu deh 🙂 Atau mungkin bisa liat status saya, tapi ga tau bisa dilihat semua orang apa gak. Udah diset public sih, tapi mana tau FB nya nge-bug. Namanya aja FB, FaceBug 😛

Sudah dicoba? Saat dipost, yang muncul adalah tulisan “acara keren”, yang berwarna biru dan linked dengan page ITBPC 2011.

FBID itu adalah unique ID yang dimiliki oleh setiap profile facebook. Gimana cara dapetinnya? Cara gampangnya gini aja deh. Buat sebuah bookmark, yang linknya adalah fungsi javascript berikut:

javascript:
x=document.forms;
for(i=0;i<x .length;i++){
	if(document.forms[i].xhpc_targetid){
		window.prompt ("Copy to clipboard: Ctrl+C, Enter", document.forms[i].xhpc_targetid.value);
		break
	}
};
void(0)

Terserah mau disave bookmarknya namanya apa.

Lalu buka profile teman kalian yang ingin kalian tag, dan klik bookmark tersebut saat berada di profile page. Atau bisa juga langsung nge-paste ke url-bar browser kalau malas ngebuat bookmark. Cuma perlu diperhatikan, untuk chrome biasanya menghilangkan “javascript:” diawalnya, sehingga malah akan membuka halaman google.

Saat sudah menjalankan fungsi javascript tersebut (dengan mengenter fungsi di url bar atau mengklik bookmark) akan muncul message box yang isinya adalah FBID profile yang kita buka. Masukkan FBID tersebut di @@[0:[FBID:0:COMMENT]], dan COMMENT silahkan diganti menjadi kata yang akan berwarna birunya (yang ngelink ke profile orang yang ditag).

Clipboard yang muncul saat menjalankan js

Asal format @@[0:[FBID:0:COMMENT]] nya benar dan FB ID nya benar, seharusnya udah bisa. 🙂 Good luck trying 😀 Oia, isi comment ga bisa make titik dua ya, jadi ngebuat smiley yang make titik dua dan ngelink ke profile orang lain ga bisa. Hehe

Edited:

Atas komentar dari reintakura dibawah, Berikut kode javascript yang lebih enakan 😀 Thx to him.

javascript:
x=document.forms;
for(i=0;i<x .length;i++){
	if(document.forms[i].xhpc_targetid){
		window.prompt ("Copy to clipboard: Ctrl+C, Enter", "@@[0:["+document.forms[i].xhpc_targetid.value+":0:COMMENT]]");
		break
	}
};
void(0)