Visa oh visa~


Jadi ceritanya nasib saya yang katanya mau kape ke SF bakal menggantung. Dokumen yang akhirnya lengkap hari Jumat kemaren, ternyata tidak cukup meyakinkan kedutaan agar memberikan saya visa J-1 sebagai izin masuk ke negeri seberang…

Entah apa masalahnya, sepertinya karena tanggal yang diberikan di dokumen tidak konsisten. Katanya bisa ampe 1 tahun, tapi tanggal training dari Juni-November, sementara aslinya cuma 3 bulan, Juni – September. Hanya dugaan saya sih. Yang jelas setelah dari interview dengan kedutaan saya mendapatkan kartu kuning, yang artinya visa saya diterima, tetapi masih butuh review.

Reviewnya sendiri tidak jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan. Bahkan kedutaan sempat mengatakan bisa saja mencapai 2 bulan, karena hal itu diluar kuasa mereka. Entahlah di kuasa siapa.

Seharusnya saya sudah mulai intern di sana sejak tanggal 4 Juni, namun karena permasalahan dokumen yang baru lengkap tanggal 1, diasumsikan dimulai tanggal 11 Juni. Dengan asumsi dimulai tanggal 11 Juni, program saya baru akan selesai tanggal 1 September. Kalau diundur lagi, entah kapan saya akan selesainya.

Masalahnya hanya itu sih. Kalau masalah kerja prakteknya ga terlalu masalah. Sekarang aja habis dari interview mampir ke kantor untuk “KP”. Kalau ga jadi ya, KP disini, tapi sayang juga ngelepasnya, apalagi udah nyiapin ini itu. Tergantung dosen sih, apakah boleh saya bolos sekian lama~

#huftness

One thought on “Visa oh visa~

Tinggalkan Balasan

