Menjadi Dewasa


Saya anak kecil. Mungkin badan saya bukan badan anak kecil, mungkin pikiran saya bukan pikiran anak kecil, tapi jiwa saya jiwa anak kecil. Kalo kata orang temennya ini mungkin namanya EQ kali ya. Ya itudeh, masih milik anak kecil.

Saya sadar sih, sudah sejak sedari lama. Tapi hingga kemaren saya belum berniat dengan sungguh-sungguh untuk menjadi dewasa. Jika saya sudah memperbaiki jiwa saya, maka saya sudah menjadi manusia dewasa sepenuhnya. Sejujurnya saya tidak siap.

Menjadi dewasa, dimata saya artinya siap dengan berbagai tanggung jawab yang ada, dan siap untuk melaksanakan berbagai kewajiban. Anak-anak tidak punya kewajiban seperti itu. Oke, mungkin ada tapi tidak se-strict itu. Hingga saat ini, saya masih sadar bahwa saya belum siap.

Orang pasti pada ngomong, ga apa-apa salah, namanya juga belajar. Yap. Kalau sudah dewasa, jika melakukan kesalahan, ya sudah, habis. Jika ada kesempatan kedua artinya anda beruntung, dan masih disayang sama yang diatas. Jika tidak, maka anda harus mengulang dari awal, itu bukanlah kesempatan kedua, tapi kesempatan yang baru.

Ya sejauh ini saya masih tidak siap, dan tidak berani memulai menjadi dewasa. Karena tidak ada jalan kembali. Sekali kamu menjadi dewasa, saat kamu bertingkah seperti anak kecil, itu tidak akan ditolerir. Tapi selagi orang masih menganggap kamu tidak dewasa, toleransi tersebut masih ada, jika kamu siap menghadapi resiko (yang tentunya lebih kecil dibanding resiko orang dewasa).

Sudah siap menjadi dewasa?

Akhir-akhir ini saya sudah mulai jenuh dengan kekanak-kanakan saya, dan kalo dibilang bisa mengalahkan ketakutan menjadi dewasa. Sayang, beberapa minggu nanti mungkin saya sudah lupa dengan kejenuhan dengan kekanakan saya. Niatannya sih, sekarang mulai menjadi dewasa. Semoga postingan ini bisa menjadi pengingat. Kalo saya bertingkah lagi, semoga ada yang ngingatin.

Bismillah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s