Mistborn – Brandon Sanderson


Ini nama novel lho, pengarangnya Brandon Sanderson. Namanya mirip mistgun tokoh di Fairy Tail yak. #ngasal

Jadi, saya mengetahui novel ini dari Listopia-nya Goodreads, tentang The Most Unique Magic System. Gile, ratingnya tinggi euy. Trus baca reviewnya sekilas dari yang udah baca, hmm, sepertinya menarik. Dan masuklah ke wishlist saya. Kalo udah masuk wishlist suatu saat akan dibaca, mungkin tahun depan. Haha.

Trus saat lagi main ke kosannya Gogo, Karu bertanya kepada saya yang lagi baca novelnya Robin Hobb, “udah baca Mistborn belum?”. Kebetulan novel tersebut sudah ada di Kindle saya. Minggu depan karena penasaran, maka saya pun membacanya.

Saat membaca bab 1, udah langsung berkesan. Wow, trus baca bab 2, dan tiba2 esok harinya udah habis 1 buku. Ckckck. Endingnya ga nanggung tidak seperti buku-buku novel berseri yang membuat sangat penasaran gimana kelanjutannya. Kita tau masih ada yangkurang, tapi puas kok dengan endingnya. Selain buku 2, semua endingnya luar biasa.🙂

Satu pesan saya, jika anda adalah pecinta novel, terutama novel fantasy, maka anda wajib membaca novel ini.

(SPOILER ALERT)

Jadi buku ini bercerita tentang allomancy, feruchemy, and hemalurgy. Ruin and Perseverance. Okay, ini sudah terlalu spoiler karena ampe buku 3 -__-“.

Jadi pada awalnya buku ini bercerita tentang dunia yang dipimpin oleh raja yang immortal. Ada 2 golongan, noble dan skaa. Skaa mirip dengan budak di dunia kita. Ada 1 peraturan yang ketat (walaupun tetap masih ada yang ngelanggar), apabila noble menghamili skaa, maka skaa tersebut harus dibunuh, terutama anaknya. Jadi darah campuran itu sesuatu yang haram.

Allomancy merupakan ilmu yang memanfaatkan metal sebagai bahan bakarnya untuk melakukan suatu magic tertentu, dan tidak semua metal bisa memberikan magic. Magic disini tidak seperti magic umumnya yang bisa aneh-aneh dan terkadang tidak masuk akal. Satu prinsip utama dari Allomancy adalah keseimbangan, atau harmony, atau dualisme. Sebagai contoh, ada metal yang membuat allomancer bisa meredam emosi orang,  dan ada juga metal yang membuat allomancer bisa mengamukkan emosi. Ada metal yang membuat allomancer bisa menarik metal lain, dan ada metal yang membuat allomancer bisa mendorong metal lain. Benar-benar rumit, dan penuh perhitungan.

Tidak semua allomancer bisa menggunakan seluruh jenis metal. Allomancer bisa menggunakan satu, atau seluruh metal, tidak bisa setengah-setengah. Allomancer yang bisa menggunakan seluruh jenis metal disebut Mistborn, dan yang bisa menggunakan salah satunya disebut Misting. Allomancy ini bersifat heritage, atau turunan. Karena itu darah campuran sangat dilarang, sebab bisa membuat skaa memiliki kemampuan allomancy.

Buku 1 Mistborn bercerita tentang pemberontakan skaa untuk mengalahkan Lord Ruler, sang raja immortal. Pada buku ke-2, terungkap bahwa sang raja bukanlah orang jahat, karena ada kekuatan lain yang berusaha dilawan olehnya. Buku ke-2 ini mengungkap tentang kekuatan lain tersebut, Ruin. Dan Buku ke-3 adalah cerita ter-epic. Saat berhasil mengalahkan Ruin, dan saat timbulnya Harmony, where everything is gonna be okay. Sooo Epic.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s