User Privilage for Server


Ini mungkin artikel yang hanya untuk mengingatkan saya, atau memudahkan saya untuk mencari cara mengatur hak akses di sebuah server.

Yang penting diingat, jangan melakukan chmod 777 saat terjadi error karena privilages php yang tidak bisa melakukan write ke file. Instead of ngebuat accessnya jadi 777, mending ngasi akses ke user yang ngejalanin aplikasi yang bersangkutan. Contohnya misalnya kalau webserver apache, kasi akses ke folder tempat si apachenya bekerja, mungkin bisa dengan chown ke user tersebut.

Untuk mengetahui suatu aplikasi dijalankan oleh apa, bisa dilakukan dengan menggunakan command berikut di terminal:

ps aux | grep <nama-aplikasi>

misalnya apache, bisa dilakukan dengan:

ps aux | grep apache

dan contoh outputnya seperti ini:

ps aux

result dari command ps aux

Di kolom pertama itu merupakan user yang menjalankannya, yaitu www-data. Nah karena biasanya apache menggunakan /var/www/ sebagai directory kerjanya, kita bisa mengeset folder www dan anak-anaknya sebagai milik www-data, dan memberi akses penuh untuk user tersebut dengan perintah:

sudo chown -R www-data /var/www
sudo chmod 0744 -R /var/www

Hal ini mengakibatkan user selain www-data tidak bisa menghapus atau menulis file ke folder /var/www. Kecuali satu user lain, super-user, atau yang biasa dipanggil menggunakan command sudo.

Trus kalau mau ngedit-ngedit filenya tanpa melalui aplikasi web nya (misalnya lagi ngedevelop), gimana dong? Nah, itu saya sih baru kepikiran yang masalah itu, haha. Tapi solusinya mungkin bisa dengan menggunakan user group (tapi saya masih tidak tahu gimana penggunaannya. Ini jadi PR lain kali aja lah ya. Haha). Atau ada yang mau sharing caranya?πŸ˜›

Atau mungkin dengan sudo netbeans bisa?πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s