Kenapa Milis Harus Menjadi Media Komunikasi Utama?


Ini adalah pendapat saya mengenai isu di milis HMIF yang sempat panas. Baru pertama kali ngelihat topik dengan total 27 email. Mungkin kalau dulu itu sudah biasa. Tapi saat ini hampir tidak pernah lagi.

Kalau saya pribadi sih lebih suka dengan milis karena informasi yang disampaikan bakal lebih jelas, dan kita tahu kalau itu adalah informasi. Kalau menggunakan facebook, yang umumnya dibuka saat bersenang-senang atau melepas jenuh dari Netbeans/Notepad++/Eclipse dkk, yang diharapkan ya senang-senang.😉

Jadi kalau kebetulan ada informasi yang didapat pada saat tersebut tentu juga tidak bakal akan diterima lebih baik dibandingkan dengan saat membuka email yang tujuannya memang ingin mendapatkan informasi.

Mungkin ada yang lebih senang dengan cara sambil bersenang-senang, tapi ada lagi kekurangan media seperti itu. Ga bisa diarsipkan. Ibaratnya itu kaya surat howler (yang tau Harry Potter tau lah ya), habis dibaca langsung terbakar. Beda kaya surat biasa yang bisa di arsipkan.

Misalnya ada info beasiswa atau lowongan pekerjaan yang penting, tapi kita lagi sibuk, dan ingin mengeceknya di lain waktu, apakah di facebook bisa ditandai kalau itu akan dibaca lagi? Kalau email mah gampang, apalagi kalau gmail, tinggal klik aja bintangnya. Ini nih menurut saya alasan utama kenapa informasi harus lewat milis. Kalau ada yang lain ya terserah, tapi utamakan dulu milis baru yang sunahnya.

Kalau namanya anak Informatika, harusnya bisa dong memanfaatkan feature-feature teknologi yang udah ada secara optimal. FYI, dari email juga bisa untuk ngepost kegroup facebook, jadi kenapa ga buat lewat email, kirim ke milis dan group facebook. Beres kan?

Trus tambahan.. Apakah milis bahasannya harus se-strict itu? Ada ga sih media komunikasi di HMIF yang sifatnya senang-senang? Atau istilahnya untuk nge-junk? Serius-serius amat sih. Haha.

One thought on “Kenapa Milis Harus Menjadi Media Komunikasi Utama?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s