File “hilang” dari Flashdisk?


Banyak orang yang tanpa sadar terkena virus (secara umum, entah trojan/worm/whatever), dan mengatakan sudah membersihkan virus yang ada. Tapi kemudian merasa file yang ada tersebut kemudian hilang “dimakan” virus.

Terkadang file tersebut tidak hilang, hanya disembunyikan, yaitu diubah atributnya menjadi hidden. Properti hidden ada 2 jenis, System Hidden, dan Hidden. Tidak penting apa itu, yang penting bagaimana mengembalikannya bukan?

Caranya gampang. Sangat gampang kalau mau dibilang. Terlebih dahulu mungkin lebih baik kita cek file yang “hilang” tersebut masih ada atau tidak. Buka command prompt. Jangan takut hanya karena kita akan menggunakan command prompt, sehingga anda berhenti membaca dan membuka artikel lain. Ini lebih gampang dibandingkan anda harus mendownload program yang tidak jelas dan mungkin mengandung virus lain.

Bagaimana cara menjalankan command prompt? Cara singkatnya adalah dengan membuka Run, dengan shortcut (Windows+R). Setelah jendela Run terbuka, ketik cmd dan tekan enter.

Buka jendela Run

Setelah itu, masuk ke drive flashdisk anda. Yang huruf itu lho? Kalau di komputer saya ada di H:, jadi di command prompt yang berjalan saya akan mengetikkan H:.

buka ke drive flashdisk

Lalu kita cek apakah file yang “hilang” masih ada dengan command “dir /a”, yang juga akan me-list semua file, termasuk yang hidden.

Jika file yang anda anggap “hilang” ada, maka cara ini bisa mengembalikan file anda yang “hilang” tersebut. Jika tidak ada, maaf, cara ini bukan cara yang tepat dan silahkan googling kembali.🙂

Selanjutnya kita akan membuat semua file yang “hilang” kembali, dengan command attrib * -r -h -s /s /d.

Tunggu hingga prosesnya selesai, karena dia akan bekerja untuk seluruh file yang ada di flash disk anda. Dan kemudian file yang “hilang” akan kembali🙂 Selamat! Jika ingin tahu kegunaan attrib, bisa melihatnya dengan command attrib /?, yang akan menjelaskan kegunaan tiap parameternya.

One thought on “File “hilang” dari Flashdisk?

  1. thanks gan, sangat membantu tapi yang bener attrib * -r -h -s /s /d atau attrib -r -h -s /s /d ?

    aku udah coba dua2nya tapi lupa yang berhasil yang mana…

    ijin comot tipsnya ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s