Workshop Nokia Developer: Day 1


Tanggal 24-26 Mei 2011, saya mengikuti Workshop yang diadakan oleh Nokia. Kurang mengerti sih kenapa bisa terselenggara. Kalau berdasarkan isu-isu yang beredar, Nokia yang saat ini application store (Ovi Store) nya ketinggalan dibandingkan dengan yang lain (Android, iPhone, RIM) ingin mengejar ketinggalan tersebut dan meningkatkan entusiasme dari kalangan developer untuk mengembangkan aplikasi di platform Nokia.

Sebelum memulai, peserta workshop disuruh datang lebih cepat untuk menginstall applikasi yang diperlukan di saat workshop. Defaultnya, yang diberikan adalah JDK 6.25, NetBeans 7.0, dan WRT 2.5.2. Sementara saat itu JDK saya versi 6.21, NetBeans versi 6.8, dan tidak ada WRT. ~_~ Saya hanya menginstall JDK dan WRT pada hari itu, karena rasanya tidak akan bermasalah.

Dan memang sih tidak ada masalah. Bahkan yang menginstall NetBeans 7.0 sempat bermasalah. Tapi masih tertanggulangi. Entah kenapa platform J2ME yang biasanya ada di NetBeansnya menghilang, dan hanya ada untuk WRT yang baru diinstall. Dengan memperbaiki path yang ada di Tools->Java Platform, dan menambah platform yang lama dengan pilihan add Platform, J2ME nya muncul kembali.

Acara dimulai jam 9, molor dikit sih, tapi masih dalam waktu yang masuk akal. Cuma 10 menitan gitu. Yang menjadi pengajar adalah pak Alex Budiyanto. Saya tidak tahu pengalaman beliau sudah seperti apa, yang penting beliau berhasil menyebarkan ilmunya.😀 kalau mau tau lebih lanjut, mungkin bisa googling, pasti yang keluar orang yang saya maksud🙂

Pada pagi hari, kami diberikan penjelasan mengenai platform J2ME (atau platform HP berbasis Nokia?) Entahlah, saya kurang mengerti. Kesimpulan yang saya ambil yaitu, gunakan MIDP 2.1, CLDC 1.0 dan DefaultCLDCPhone1. Hahaha.

Sebelum makan siang, kami diberikan Lab, yang kurang lebih mengetik ulang code yang ada di file pdf yang diberikan. Sayangnya tidak bisa di-copy-paste, jadi harus mengetik 11 halaman source code. Code yang dibuat adalah program yang memberikan fungsi High Level UI dari J2ME. Jadi yang make button, text, dan sejenisnya.

Jam 12 kemudian waktu makan siang. Makan siang hari itu di Mushola Kayu, lantai 2. Dan kami workshop di ruang multimedia, lantai 4. Jauh? Iya sih, jauh. Makan siangnya enak. Haha. Apalagi gratis.😀 Kebetulan hari itu saya tidak sarapan. Jadi makanan yang kelihatannya diambil berlebihan tetap habis. Ayam, sayur, bakso, kerupuk, semangka. :9

Sorenya, kami merambah ke Low Level UI. Kalau buat game, biasanya digunakan Low Level UI. Sepertinya bukan “biasanya”, tapi “pasti”. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana cara membuat game dengan High Level UI. Mungkin kalau hanya berupa teka-teki puzzle gitu mungkin bisalah ya. Tapi mostly orang menggunakan Low Level UI.  Jadi dengan dibimbing pak Alex, kami membuat sebuah game pong sederhana. Kalau yang kuliah di ITB dan ngambil mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, tau lah ya game apa. Kalau yang ga tau, bisa nyari tau di http://www.ponggame.org/.

Pembuatannya benar-benar pertahap, mulai dari penjelasan logic, arsitektur gamenya, dan hingga gamenya jadi. Kayanya semua peserta berhasil membuatnya deh🙂 Jam 3 sore ada coffe break, dan dapat minuman+snack gratis. Wow, saya merasa lagi pelatnas. Ya pokoknya enak deh😀

Nanti akan saya post mengenai game pong yang saya buat. Untuk hari pertama sekian dulu.🙂

One thought on “Workshop Nokia Developer: Day 1

Tinggalkan Balasan

