Indonesia dan Anak Bangsa


Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki potensi sumber daya yang besar. Sangat besar malah. Tidak percaya? Coba ketikkan “Indonesia penghasil” (tanpa kutip) di mesin pencari google, atau klik link ini. Kalau kalian belum pernah mencoba, mungkin kalian akan terkejut, karena saya sendiri cukup terkejut saat melihatnya.

Screenshot hasil pencarian "Indonesia Penghasil"

Di halaman pertama saja sudah menggambarkan betapa kayanya Indonesia. Hasil yang muncul di laman tersebut adalah Indonesia penghasil emas terbesar, Indonesia penghasil rumput laut terbesar, Indonesia penghasil kakao terbesar, Indonesia penghasil minyak terbesar, Indonesia penghasil batu bara terbesar, Indonesia penghasil tebu terbesar. Kaya lho, negara Indonesia kita ini.

Tapi dengan kekayaan Indonesia yang begitu besar ini, kenapa angka kemiskinan di Indonesia masih besar? Menurut saya, salah satu penyebabnya adalah kurangnya keinginan dari anak bangsa Indonesia untuk berperan lebih dalam mengembangkan negara Indonesia. Anak bangsa merupakan motor penggerak bagi bangsa yang akan mengembangkan dan memajukan negara Indonesia.

Bagaimana bisa demikian? Anak bangsa punya kemampuan yang lebih besar untuk berinovasi dan memanfaatkan sumber daya alam Indonesia yang demikian besar tersebut. Dan pemanfaatan yang baik akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik, tentunya. Bayangkan saja jika Indonesia memiliki pengolahan minyak dan gas yang baik dan berkualitas, bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi negara pengekspor minyak. Atau mungkin pengolahan rumput laut, yang diolah untuk menjadi sumber pangan, bisa saja dengan teknologi yang baru, rumput laut kemudian menjadi makanan pokok atau mungkin jadi bahan bakar, entahlah. Indonesia bisa mandiri dengan sumber daya alam yang dimanfaatkan dengan baik oleh sumber daya manusianya.

Dengan teknologi sekarang hampir semuanya mungkin dilakukan. Masalahnya adalah, siapa yang bisa membuat teknologi tersebut? Jawabannya sederhana sebenarnya. Ya kita-kita juga. Daripada terus-menerus memanfaatkan teknologi yang ada dan sudah dibuat oleh orang, kenapa kita tidak sekali-kali membuat teknologi yang akan dimanfaatkan orang? Apalagi kalau teknologi yang kita buat tersebut membawa Indonesia lebih maju.

Kita bisa!!

Tapi apa yang terjadi sekarang? Kebetulan kemaren terjadi sebuah “fenomena” yang berhasil dilakukan oleh anak muda Indonesia. Yaitu memunculkan 5 Trending Topics di World Wide Twitter. Trending Topics ini merupakan kata/kalimat yang paling banyak digunakan di twitter untuk jangka waktu tertentu. Dan perhitungannya dilakukan untuk tiap akun yang berbeda. World Wide itu merupakan area cakupannya, yaitu seluruh dunia. Jadi ada banyak pengguna twitter yang nge-tweet untuk menjadikan sebuah kata/kalimat menjadi Trending Topics.

Lalu kenapa? Bagus dong, berarti anak muda Indonesia maju-maju dan ahli teknologi. Bagus sih, kalau yang menjadi Trending Topics adalah “Indonesia juara lomba”, “aku cinta Indonesia”, atau hal-hal positif yang membuat bangga Indonesia. Tapi yang muncul “INDONESIA SAYANG GOMEZ”, “TABOK SELENA”, “DICIUM BRUNO”, “DIMENTION CODY”, “DINIKAHIN JUSTIN”. Anak muda sekarang isi otaknya apa sih? Bangga dengan hal seperti itu?

Trending Topics anak muda Indonesia di Worldwide

Apakah anak Indonesia hanya sebatas itu kemampuannya? Saya yakin tidak. Banyak lho, anak Indonesia yang berprestasi di tingkat nasional. Tidak percaya? Coba lihat Para Penemu Indonesia dan Indonesia Berkarya, blog yang mempublikasikan tentang karya-karya anak bangsa. Di  Indonesia Berkarya anda juga bisa mempublikasikan karya anda sendiri.

Namun begitu, saya menyimpulkan kalau anak bangsa masih banyak yang lebih senang untuk hura-hura dan senang-senang. Dan konvoi-konvoi yang dilakukan oleh mereka yang baru lulus UN juga menguatkan argumen saya. Padahal jika waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang tidak berguna itu dialihkan ke kegiatan positif, berapa banyak karya yang bisa dibuat oleh jutaan anak Indonesia?

Kenapa harus berkarya? Dengan berkarya, kita melatih diri untuk menjadi lebih baik, dan tentu saja karya kita bisa bermanfaat untuk orang banyak. Dengan berkarya, kita sudah mulai melangkah untuk membuat teknologi yang akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Dengan tujuan akhir bisa memanfaatkan sumber daya Indonesia yang besar secara tepat guna dan bermanfaat besar bagi bangsa Indonesia.

Mulailah untuk berkarya dari sekarang. Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah dengan mengikuti acara COMPFEST2011.

COMPFEST2011

#compfest2011 yang menjadi Trending Topics Indonesia, walau masih kalah dengan SATNITE SURAM dan Nonton Timeline

COMPFEST2011 merupakan sebuah One Stop IT Event karya mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komputer Indonesia pada tanggal 14-16 Juni 2011 di SMESCO Indonesia. Di acara ini akan ada berbagai macam kompetisi, workshop, seminar, entertainment, dan exhibition. Tujuannya adalah untuk meningkatkan inovasi anak bangsa menuju pengakuan internasional. Tapi kalau kerjaannya hanya konvoi-konvoi keliling kota, apa yang bisa kamu berikan pada bangsa?

Di hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2011 ini, mari kita kembali bangkit. Jika dulu Indonesia bangkit menuju era reformasi, sekarang mari kita bangkit dengan mengedepankan karya dan inovasi anak bangsa, membawa Indonesia lebih maju. Tinggalkan kegiatan yang tidak bermanfaat, dan terus berinovasi, hingga Indonesia bisa mandiri. Mulai dari hal yang kecil, seperti ikut lomba blogging di COMPFEST2011 ;)

Membawa Indonesia menuju Kemandirian Nasional

Bangkit dengan Karya dan Inovasi.

*updated: 22/05/11-04:45
Ternyata cukup banyak yang ingin mengikuti lomba blogging dan men-japri saya untuk mengetahui bagaimana caranya😀 Ayo semangat semuanya! Mari berkarya!!🙂 Untuk info lebih lanjut mengenai lomba blogging ini bisa dilihat di link ini: http://compfest2011.com/#?id=b. Kalau postingannya sudah jadi, linknya di comment ke sini ya!😀 Saya juga pengen baca. ^^

27 thoughts on “Indonesia dan Anak Bangsa

    1. buka compfest2011.com aja Yostal🙂 ada kok disana.
      Yang lain juga ikutan yuk ^^ daripada ngerjain hal yang ga jelas mending melakukan hal yang positif dan produktif😀

  1. Duh2, anak2 sekarang memang. Coba waktu yang mereka pakai untuk konvoi2 geje dan nge-twit hal2 bodoh dipakai untuk belajar dan coding, pasti IT kita sudah maju sekali.

  2. hmmm…. harusnya seh bangga Indo bisa bikin 5 TT secara bersamaan😕 *aku seh lumayan bangga LOL…

    kalo diselidikin… ntuh TT bisa terjadi karena account @cumantanya … nah jadi ya wajar kalo TT nya aneh2 gitu :p…

    nah sisi positifnya… account @cumantanya ntuh influence nya besar banget… nah kalo dah bisa ngebawa yang ngebanggain Indonesia… alhasil gak nyampe satu jam dah jadi TT :p… *perlu diketahui ini TT seluruh dunia lho… artinya Indo hebat banget yak :p…

    wakakakak jm2c

    1. Haha. Kalau saya sih lebih bangga kalau misalnya Indonesia menang kompetisi.😛

      Oke deh kalau account @cumantanya punya influence yang besar, tapi pernah ga nge-tweet tentang hal-hal yang positif? Kalau yang ngasi influence jelek, ya yang niru juga jadi jelek.

  3. Wah kak, artikelnya bagus dech???
    Tapi apakah “Indonesia sudah siap dan mandiri?”, untuk menatap biasan cahaya ITC?

    a href=”” title=”Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional”>

          

  4. Ma’af saya tidak bisa bahasa HTML, jadi mohon dimaklumi kalau comment-nya ada salah code…
    Anggap saja ini silahturahim sambil belajar…
    terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s