Memulai Android Development, dengan koneksi internet ITB (proxy-ed)


Sebenarnya artikel ini bertujuan untuk melengkapi artikel yang sudah dibuat oleh teman saya, di sini. Tapi di artikel teman saya tidak bisa diterapkan di internet ITB yang memiliki proxy. Saya mencoba menambahkan beberapa langkah agar bisa diinstall melalui internet ITB.

Setelah anda “menginstall” eclipse, setting proxynya. Pilih menu Windows > Preferences. Pilih active provider nya manual, dan edit schema HTTP dan HTTPS nya, dengan host cache.itb.ac.id, port 8080. OK.

Pengaturan proxy di eclipse

Download zip file ADT Plugin for Eclipse di http://developer.android.com/sdk/eclipse-adt.html, di bagian Troubleshoting.

Bagian yang menyediakan download ADT. Download saja versi terbaru

OK, sekarang jalankan Eclipse bila anda belum menjalankannya. Pilih menu Help > Install New Software… Akan muncul jendela seperti berikut

Klik tombol Add, pilih Archive di window baru yang muncul, dan pilih file ADT yang telah anda download tadi. Maka instalasi ADT akan berjalan dengan lancar. Selanjutnya kita akan menginstall SDKnya.

Untuk mendownload Android SDK, langsung saja pergi ke download site nya :
Untuk Windows :
Download .exe yang recommended saja. Setelah di download, eksekusi .exe nya. Ketika program meminta posisi hasil instalasi nantinya, letakkan di tempat yang mudah diingat (karena tempat ini akan kita gunakan lagi). Setelah program selesai menginstall, jalankanSDK Manager ketika diminta.Untuk Mac OS dan Linux :
Download file kompresi yang disediakan. Ekstrak di tempat yang mudah diingat (karena tempat ini akan digunakan lagi). Masuk ke direktori Android, lalu jalankan SDK Manager.

Setelah anda menjalankan SDK Manager, akan ada loading yang tidak akan selesai. Cancel saja. Jika tidak bisa dan dia masih tetap berusaha loading, acuhkan dan buka pilihan setting, dan isi proxy. Lalu keluar dari SDK.

Abaikan dan isi proxy setting

Kembali ke Eclipse, buka lagi window preference, bagian android, dan isi SDK location dengan tempat anda menginstall SDK, atau posisi installer SDK.
tekan OK, abaikan semua peringatan jika ada, dan restart Eclipse. Setelah itu, pilih menu Window > Android SDK and AVD Manager. Seharusnya sekarang sudah bisa terkoneksi dengan internet, dan anda bisa melanjutkan proses instalasi di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s