Paham?


Bagaimana anda bisa yakin bahwa diri anda telah paham atau mengerti terhadap sesuatu?

Bagi saya, saya berani mengatakan saya paham terhadap sesuatu hal jika saya bisa menjelaskan hal tersebut ke orang lain. Jadi saya lebih percaya diri kalau saya siap untuk ujian / hal lainnya, jika saya sudah bisa mengajarkannya. Kenapa demikian?

Untuk membuat orang lain mengerti tidak bisa hanya dengan menjelaskan begitu saja. Tapi juga harus berusaha tahu kenapa dia bisa tidak mengerti. Dan tahu kenapa tidak bisa mengerti itu bisa karena sudah paham, sehingga jika ada sedikit saja pengertian yang menyimpang dari penanya, maka langsung bisa dikembalikan ke jalan yang benar. :))

Saya sih ga berani mengajarkan sesuatu yang tidak saya mengerti atau setengah mengerti. Bagaimanapun ilmu itu termasuk amal jariyah, jadi kalau ilmu yang kita ajarkan salah, jadinya dosa jariyah dong? Dosa saya sudah banyak, jangan ditambah lagi dengan dosa yang mengalir😦

Tapi ada sih, orang jenius yang seharusnya mereka mengerti dengan sesuatu hal tersebut, toh gelar sarjana mereka di bidang itu. Tapi tidak bisa membuat yang diajarnya mengerti. Mengapa? Menurut saya ada dua kemungkinan.

Kemungkinan pertama, sang profesor sudah sekian lama berkutat dengan ilmu yang jauh lebih susah, sementara yang diajarkannya adalah hal kecil yang DULU susah, tapi karena udah master jadi gampang. Dan sayangnya sang profesor telah lupa kenapa itu susah, sehingga dia bingung kenapa yang diajar tidak mengerti. Saya juga sempat merasakan hal ini saat mengajar anak sma beberapa waktu yang lalu setelah terakhir kali mengajar lebih dari 1 tahun, heran kenapa hal sepele ini tidak bisa mengerti.

Kemungkinan kedua, dia hanya punya gelar palsu.😛 Ya dia aja ga ngerti gimana bisa ngasi tahu yang lain biar bisa ngerti? Haha. Jadinya pura-pura ngerti deh.

Ada kemungkinan yang lain?

Tinggalkan Balasan

