Way to Learn


Bagi saya, cara belajar yang paling efektif saat ini adalah dengan belajar dari masalah, dan menyelesaikannya. Mungkin karena itulah banyak yang bilang kalau belajar itu butuh latihan. Kenapa? Karena dengan latihan kita mencoba, dan jika mencoba, kita bisa bertemu dengan masalah.

Jika hanya melihat atau membaca saja, kapan kita akan bertemu dengan masalah? Bagi saya membaca kurang membangkitkan indra untuk berpikir. Berbeda saat dihadapkan dengan suatu masalah, kita dituntut untuk berpikir semaksimal mungkin. Mungkin itu juga yang menyebabkan kenapa banyak deadliner, haha, karena disaat terdesak butuh kemampuan berpikir yang maksimal :p

Jadi belajar itu mulailah dengan mencoba. Karena tanpa mencoba kita tidak akan bertemu dengan masalah. Saat sudah bertemu dengan masalah, cobalah cari penyelesaian dari masalah tersebut. Jika hanya didiamkan, tidak banyak pembelajaran yang kita dapat. Tapi jika berhasil menyelesaikannya, maka banyaklah ilmu yang didapat.

Hal ini sudah terjadi ke saya sendiri. Sudah sering baca teori A teori B, inheritance itu gini gitu, interface itu untuk ini untuk itu, tapi ya cuma dibaca doang. Baru saat diberi tugas diimplementasi, dan ternyata begitu banyak masalah yang ditemui. Tapi setelah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya, barulah itu namanya belajar.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s