Aing Orang Melayu


Saya adalah orang Melayu asli, bapak melayu Indragiri, dan ibu melayu Siak. Jadi darah saya benar-benar melayu. Namun demikian bukan berarti saya utuh orang melayu. Haha. Logat merupakan suatu ciri khas dari seorang manusia yang menentukan berasal dari suku apakah dia, dan saya? Bukanlah orang yang “medok” berbahasa Melayu. Aing? Haha. Itu hanya candaan, saat 2 kultur berbenturan tentu akan muncul suatu distorsi dan menimbulkan pencampuran (aduh bahasamu nak). Walau bahasa Sunda yang saya tau artinya hanya aing, maneh, punten, sabaraha, te aya, dan beberapa patah kata yang lain, atau mungkin hanya sepatah.

Bahasa Melayu merupakan bahasa yang kemudian disadur menjadi bahasa Indonesia. Hal itu jadi kebanggaan tersendiri tentunya. Namun sepertinya banyak yang sudah melupakan hal ini. Haha. Kenapa bahasa melayu yang terpilih? Menurut saya karena bahasa melayu itu memang mudah untuk dipahami. Dan terbukti kan, sudah hampir semua penduduk Indonesia bisa berbahasa Indonesia?๐Ÿ˜€

Kenapa saya bercerita tentang hal ini? Siang ini baru saja berkumpul dengan anak Riau yang “melayu”. Haha, walaupun Riau adalah melayu, tapi tidak semua yang di Riau adalah orang melayu.๐Ÿ™‚ Sudah lama tidak bercengkrama dengan logat melayu, serasa di kampung halaman jadinya. Dan logat yang lama tak dipakai pun mulai keluar lagi. :p

Bagaimana tanggapan kalian dengan bahasa Melayu? Mungkin akan ada yang mengidentikkan Melayu dengan Malaysia. Saya tidak akan membantah hal tersebut, karena memang rumpun bahasanya sangat kuat. Dulu pas masih belajar sejarah juga diajarin kok, kalau Malaysia berasal dari Melayu yang sama. (apa kebalik ya? saya lupa). Tapi saya tidak membicarakan Malaysia, tapi bahasa Melayu.

Saya ga tau kenapa, tapi saya merasa ada yang menganggap bahwa bahasa Melayu itu alay. Karena saya orang yang dekat dengan bahasa melayu, saya tidak mengerti bagaimana anggapan tersebut bisa muncul. Entahlah.

Tinggalkan Balasan

