Laser Projector karya anak WS-HME


2 hari yang lalu gw dipamerin karyanya si sambya yang ngebales saat gw pamerin Harvest Moon cups gw. Apa ini Laser Projector? Intinya ini memanfaatin sebuah laser sehingga bisa munculin tulisan yang keliatan dilayar. Tulisannya bisa gerak juga, tergantung gimana lu ngebuatnya.

Ini nih gambarnya:

Barangnya Sam

Gimana cara kerjanya? Perhatikan, itu ada benda segitujuh, yang merupakan cermin. Nah itu yang bakal bertugas memantulkan cahaya laser ke layar. Cermin tersebut diatur sudutnya sedemikian rupa, sehingga tiap cermin menjadi satu segmen garis horizontal.

Lalu di atas benda segitujuh itu ada sensor kaya LED warna putih, yang sebenarnya bukan LED, tapi adalah untuk sensor kecepatan dari putaran si benda segitujuh. Berputar? Iya, si benda segitujuh itu bakal berputar, karena kecepatannya yang cukup tinggi bakal ngebuat pantulan laser tersebut menjadi terlihat seperti garis.

Jadi garis? iya, nah karena ada 7 cermin, tentunya bakal jadi 7 garis kan? Sekarang bayangkan kalau anda punya 7 garis, trus sebagian dari 7 garis tersebut anda potong, bisa membentuk sesuatu kan? Nah disini nih yang bagian tersulit kayanya. Cara memotongnya itu adalah dengan mengatur mati-hidupnya laser. Bagaimana mengaturnya? Tentu saja dengan microchip (ini ya namanya? CMIIW please). Microchip ini diprogram dengan bahasa C untuk menyesuaikan dengan kecepatan putaran segitujuh dan tulisan yang ingin dibentuk.

barang sam lagi muter

Nah yang diatas itu segitujuhnya lagi muter. Yang lasernya itu bukan lampu merah di kanan atas ya, tapi yang dilakban hitam bagian kiri nomor 2 dari atas.

Keren lah. Sayangnya hasil proyeksinya ga bisa difoto -.- Sam ajarin dong saaaaam😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s