Pemilu HMIF


Rabu, Tanggal 2 Maret 2011 jam 08:00 dilakukan perhitungan suara untuk menentukan siapa kahim terpilih tahun 2011/2012 di ruang 7602. Sebelumnya telah diadakan pemungutan suara selama 3 hari, dari hari Senin setiap pukul 09:00 sampai dengan 17:00. Dan berikut adalah hasil perhitungan suaranya.

Hari Hari ke-1
Angkatan 2007++ 2008 2009
1. Lyco 14 18 32
2. Zain 19 10 11
Tidak Sah 1 7 4
Abstain 1 0 0
TOTAL 35 35 47
Hari Hari ke-2
Angkatan 2007++ 2008 2009
1. Lyco 12 16 17
2. Zain 16 16 9
Tidak Sah 4 4 4
Abstain 0 0 0
TOTAL 32 36 30
Hari Hari ke-3
Angkatan 2007++ 2008 2009
1. Lyco 9 16 15
2. Zain 9 11 9
Tidak Sah 12 6 3
Abstain 0 0 0
TOTAL 30 33 27
Calon TOTAL
1. Lyco 149 48,85%
2. Zain 110 36,06%
Tidak Sah 45 14,75%
Abstain 1 0,32%
TOTAL 305

Jika dilihat, untuk tahun 2007 mayoritas memilih Zain. Sedangkan 2009 memilih Lyco. Kenapa ya? Ada yang bilang karena 2007 melihat hearing, dan 2009 melihat apa yang dibawa. Tapi setahu saya 2009 pada hearing pertama sangat ramai. Emang sih pada hearing berikut-berikutnya semakin sedikit yang datang. Dan gw yang kebetulan datang hearing 3 kali tidak bisa melihat perbedaan mencolok dari hearing tersebut. Jika bukan karena apa yang dibawa sepertinya gw malah ga tau mau memilih siapa.

Kalau dilihat-lihat lagi, ada yang unik disini, yaitu jumlah suara yang tidak sah cukup besar. Sangat banyak malah. Jika seluruh yang tidak sah itu memilih calon nomor urut 2, maka hasilnya tidak sama lagi. Itu menunjukkan betapa banyak suara yang tidak sah, walau 15% itu terlihat kecil. Aneh ya, cuma nyontreng dalam kotak doang ga bisa. Padahal anak IF, fakultas STEI, ITB lagi. Katanya Institut Terbaik Bangsa. Eh, nyontreng dalam kotak aja ga bisa. Masa butuh kuliah untuk “cara mencontreng yang benar”. Hahaha. -.-

Trus kalau dihitung, total suara dari 2008 dan 2009 sama lho, sama-sama 104 orang. Wah ternyata rame juga yang milih. Untuk 2009 sendiri, dari 109 anggota biasa yang tidak memilih sama sekali ada 5 orang. Ya lumayan banyak lah. Jika untuk negara maka itu udah jadi kesuksesan sendiri. Untuk 2008 ga tau deh berapa yang ga milih. 2007++ nih yang cukup sedikit. “hanya” 97 orang. Padahal kan 2007 juga digabung dengan 2006. Kalo menurut gw sih, hal itu karena semakin ke tingkat atas, keinginan untuk partisipasi aktif di himpunan berkurang, atau sangat sibuk dengan kegiatannya sehingga tidak bisa meluangkan waktu sedikit diantara 3 hari yang disediakan, atau terlalu ga ada kerjaan sehingga pulang ke daerah dan ga bisa nyontreng. Haha.

Trus hal terakhir yang gw liat, tren pencontrengan cenderung menurun, maksudnya paling banyak yang mencontreng di hari pertama, lalu kemudian semakin sedikit di hari terakhir. Yang paling mencolok terlihat di 2009. Dan 2008 yang paling merata. Mungkin untuk 2009 euforia “memilih” yang baru pertama kali dirasakan membuat tidak sabar untuk memilih ;) haha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s