TOKI OpenContest & TOKI Spotlight


February TOKI OpenContest

Kemaren malam (26/02/2010) telah diadakan February TOKI Open Contest yang diikuti oleh sekitar 66 orang yang terdaftar. Dari ke 66 orang tersebut yang berhasil mendapat nilai hanya setengahnya. Jika dilihat yang dari soal, memang lebih susah daripada untuk bulan January. Kontes kali ini memiliki waktu 3 jam dan dimulai dari jam 19.00 WIB.

Yang menjadi penanggung jawab kali ini adalah Ashar Fuadi, dan kebetulan salah satu soal teman gw (Reinhard Denis) yang gw updgrade dimasukin ke kontes kali ini. Dari semua soal, ternyata soal ini lah yang menjadi harapan para peserta untuk mendapatkan nilai.

Ada 4 soal, soal yang pertama (contribute to Ashar Fuadi) berurusan dengan string, sehingga jika tidak menggunakan C/C++ akan sedikit ribet. Tapi kalo menggunakan C/C++ dengan STL map jadi jauh lebih mudah. Sedangkan soal yang gw buat (upgrade maksudnya) terlihat simpel dan gampang, namun kalo di brute force ga akan bisa dapat nilai penuh. Jadi harus menggunakan searching (binary search). Untuk soal ke 3 (by Ashar Fuadi) dikerjakan dengan DP, katanya DP Coin Change 2D (duh gw musti belajar lebih banyak, belum pernah nyoba). Dan soal terakhir berhubungan dengan bilangan prima, yang dibuat oleh Risan (katanya Irvan sih soalnya “membunuh”, tapi pas liat source code Felix terlihat gampang #ganyoba). Ininih score table untuk 10 kontestan teratas:

Rank Username Nama Total P1 P4 P2 P3
1 felix_halim Felix Halim 400 100 100 100 100
2 azaky Ahmad Zaky 335 100 100 100 35
3 counterhelix Rifqi Al Fatih 255 100 0 75 80
4 jonathanirvings Jonathan Irvin Gunawan 235 100 25 100 10
5 wahyuoi Wahyu Adi Pramana 230 100 10 100 20
6 Anonymous Teddiwati Budianti Hermawati Muach 215 100 15 100 0
7 FRSV Fariskhi Vidyan 210 85 15 100 10
8 Anonymous2 Rasmunandarwati Rustamwati 200 100 0 100 0
9 Hendri Hendri 200 100 0 100 0
10 tegg Teguh 200 0 0 100 100

Banyak nama yang bukan pelatnas kan? Maklum saja, yang pelatnas kebanyakan baru selesai Pelatnas 2, dan sorenya itu pengumuman. Jadi mungkin karena cape jadinya ga ikut dengan serius.😀

February TOKI Spotlight

Pada hari itu juga 1 jam sebelumnya juga ada TOKI Spotlight. Yang menjadi bintang tamu kali ini adalah Andrian Kurniady yang saat ini sedang bekerja di Google. Dia juga adalah salah satu dari 4 besar TOKI yang mewakili Indonesia di IOI pada tahun 2004 di Athena dan 2005 di Polandia. Di kesempatan pertama dia mendapatkan medali perunggu dan kesempatan kedua mendapatkan perak. Seluruh wawancara dapat dilihat di tautan ini. Gw akan membahas beberapa hal yang gw rasa menarik (sebagai mahasiswa) untuk diceritakan.

Q: Ceritanya gmn ni kak bs jd googler ?🙂
A: Dulu ikutan Google Code Jam tahun 2008, masuk ke onsite regional di Sydney dan ditawari interview, jadi deh… Prestasi sepertinya dipertimbangkan juga sih, tapi tidak signifikan. yang penting kan interviewnya lulus.

Q: Apakah hanya *OIers yang punya kesempatan besar seperti itu? Kalo non-*OIers gimana? ada saran?
A: Sebenernya *OI/PCers gak banyak sih, tapi kalau di Indonesia cenderung yang jago2 semuanya/*OI/PCers. Kualitas pendidikan di luaran, yang non *OIers, standar2 saja pun algonya banyak yang sakti2

Q: Apa yang ngebuat perusahaan IT besar tertarik ke seseorang?
A: Pada dasarnya sama ama perusahaan IT kecil: harus bisa menyelesaikan pekerjaan dan fit into the culture

Comment gw: Kalo untuk orang Indonesia, kualitas standar di luar itu tinggi sehingga hanya orang yang sangat jago yang bisa melewati standar tersebut. Kalau mau ikutan harus bisa melewati standar tersebut. Sebenarnya bisa, tapi orang Indonesia dengan paradigma menganggap Problem Solving (Algoritma) itu ga terlalu diperlukan standar tersebut jadi tinggi. Dan satu hal menarik, “fit into the culture”.

Dan beberapa hal yang gw kutip:

“SE itu gak bisa tamat, pattern dll belajar dari experience. kalau algo, perlu tau algo yang applicable”
“kalau udah kerja, daripada jadi red coder, mendingan ngejar naik pangkat.”
“Indonesia kekurangan employer yang prestigious”


*updated – lupa ngasi credit untuk Risan :p

2 thoughts on “TOKI OpenContest & TOKI Spotlight

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s