Kenapa ngeblog?


Nah udah lama ga ngeblog trus kenapa ngeblog lagi? Salah satunya karena kemaren (udah 12 jam yang lalu) gw ikutan FSL (Free IT Saturday Lesson). Temanya ya itu, tentang blogging. Jadi ada 5 pembicara, yaitu

  1. Enda Nasution (Bapak Blogger Indonesia)
  2. Pidi Baiq* (Blogger, The Panas Dalam)
  3. Widianto Nugroho (Blogger, Tim Webmaster ITB)
  4. Budi Rahardjo* (Blogger, Dosen ITB)
  5. Muh Arif (Blogger, mahasiswa)

Info lengkapnya ada di tautan ini.

Gw ga akan membahas tentang FSL, tapi apa yang gw dapat dari ngikutin FSL ini, dari masing-masing pembicara gw akan nulis kata kunci atau beberapa kalimat yang menarik sehingga gw catat di coret-coretan gw.

1. Enda Nasution

  • Ada paradigma untuk orang Indonesia, jika menjadi blogger sendirian itu mengerikan
  • Ada >4juta blog yang terdaftar dimiliki oleh warga Indonesia (salingsilang.com)
  • Ngeblog itu tujuannya:
    • Melatih keberanian mengemukakan pendapat
    • Melatih berpikir terstruktur
    • Menghindari sifat apatis
    • Mencatat, mengevaluasi, & merencanakan
    • Menemukan minat
    • Berkomunikasi online dengan baik, dan
    • Membuka peluang

2. Pidi Baiq

  • Dalam hati: (anjir, ada ya orang kaya gini, padahal lagi acara semi-formal)
  • Kemudian: (wah ternyata cukup asyik)
  • Jangan gunakan standar orang lain, tapi standar diri sendiri
  • tak jaya karena puja, tak mati karena caci, jika jaya karena puja, jika mati kena caci *kira-kira seperti ini, setengah ingat
  • Dikenal orang lain sebagai brengsek lebih baik daripada dikenal selalu berbuat baik, karena saat orang melihat kita berbuat baik orang akan berpikiran  “wah ternyata dia baik”, sementara jika sebaliknya, orang akan berpikiran “wah ternyata dia jahat”. *rusak susu sebelanga haha

3. Budi Rahardjo

  • blognya rahard.wordpress.com
  • Orang marah karena isinya bukan tentang IT. Tapi “Blog aing, ya kumaha aing”. Bahasa Indonesianya kira-kira “Blognya punya gw, ya suka-suka gw dong”.
  • Kuantitas >> Kualitas (khusus untuk blog). Terbukti. (peringkat 3 di Indonesia dia lho)
  • Blog itu menulis, Kerja Profesional itu juga menulis. Blogging = persiapan untuk kerja
  • dan dia nyebutin 10.000 jam!! (I will talk about it later, promise)
  • Lakukan dengan hati
  • Trus dia lebih milih wordpress karena 2 hal:
    • Indexing di Googlenya sangat cepat
    • Fitur statistiknya

4,5. M. Arif & Widianto

  • gw udah ga fokus. Intinya sih mereka juga banya ngisi dengan oprekan (Arif) dan karya seninya (Widianto) dan karena itu mereka mendapat kesempatan (Arif proyekan dengan dosen Singapore, Widi tawaran pameran)

Hadiah dari menjawab pertanyaan Pak Budi Rahardjo

 

Point terakhir dari  yang gw dapat dari pak Budi Rahardjo membuat gw bisa menjawab pertanyaan dari beliau dan dapat kenang-kenangan mug dari comlabs. Ada 3 orang yang mendapat kenang-kenangan ini. Dan salah satunya ada yang mendapat voucher.😦 Saya sepertinya lebih milih dapat voucher. (mungkin, biasa, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau. haha)

2 thoughts on “Kenapa ngeblog?

  1. widiw ngeri langsung nulis aja setelah ikut FSL Happy Blogging. Seneng deh ternyata FSL terakhir itu ada hasilnya😀
    aku ga tau mau nulis apa, ga terlalu banyak nyerap materinya karena sibuk mikirin jalannya acara -_-
    blogmu ngeri, isinya kode semua >_<

    1. Haha. Ada hasilnya apa ga tergantung orangnya sih. Walau datang tapi ga ada niat untuk ngeblog sih tetep ga jalan. Iya, keliatan, terutama pas Pidi Baiq, ampe speechless gitu haha ga tau mau ngapain. :))
      Ga kode smua kok -.-

Tinggalkan Balasan

