File *.exe Tidak Bisa Dibuka


Saat lebaran, saat berkunjung ke rumah keluarga. Saat ditanya-tanya jurusan apa, pacarnya siapa, kapan lulus, IP berapa, kapan menikah (ini abang gw yang ditanya). Saat minta THR (ponakan gw sih yang minta, gw udah gede, jadinya jaim dong).

Ditanya jurusan apa? Trus ngejawab Informatika. Ah! Kebetulan, laptop tante nih ga bisa buka file *.exe. (Dalam hati: “wah kalau gitu sih biasanya kena virus”). Oh coba liat dulu deh kalau gitu nte. Dan ternyata udah dikeluarin aja dong laptopnya sebelum ngomong gitu. Haha.

Maka saya mencoba menjalankan shortcutnya, tidak bisa. Coba buka explorer, bisa. Coba nge-unhide folder, bisa (dari sini saya mengambil kesimpulan tidak ada virus). Coba nge-run cmd, ga bisa. Iseng, Coba nge-run command prompt (command.com), bisa. Nyobain ngejalain cmd darin command, bisa. (kesimpulan, OS nya tidak rusak, tapi registry yang ngomong kalau file *.exe dibukanya pake apa hilang). Lalu ngejalanin browser lewat command prompt trus nunjukin ke tante, “bisa sih jalan aplikasinya, tapi make command prompt”. Tante: “Jadi install ulang ajalah ya? Bisa?”. “Ya udah deh tante”.

Maka pulang ke rumah ngebawa T̶H̶R̶ ̶L̶a̶p̶t̶o̶p̶ PR. Nyampe dirumah, googling, “can’t open *.exe” and something2. Maka hasilnya adalah situs ini: http://www.dougknox.com/ Dari situ bisa didownload registry untuk ngebuat *.exe bisa jalan lagi. Pilih menu WinXP fixes (untuk win 7 dan win vista juga bisa) di bagian kiri, trus pilih File Association Fixes di bagian kanan, trus pilih EXE File Association Fixes. Extract, trus jalanin. Maka laptop tante pun bisa menjalankan *.exe lagi tanpa harus install ulang. Karena saya berasumsi tidak ada virus, maka saya nge-share koneksi internet laptop saya dengan laptop tante, kemudian mengupdate antivirus yang ada di laptop tante untuk berjaga-jaga.

Setelah itu melapor ke tante, “Udah siap nih, ambil aja langsung kerumah”. “Loh kok cepat?”. “Ga diinstall ulang, males. :P”.

Mohon maaf lahir batin, minal aidin wal faidzin, Happy Eid Mubarak 1432H.

 

3 thoughts on “File *.exe Tidak Bisa Dibuka

  1. agan yang terhormat
    saya engga bisa ngejalanin file association fix’a
    muncul message error : cannot import xp_exe not all data bla bla,,
    ada solusi ga gan?
    mohon bantuan’a gan,,
    terima kasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s